(0461) 3128590

Berita

    Jadikan Pilkada Banggai sebagai sarana Wisata Politik.

    Posted By : Admin    22 Desember 2019   



    Luwuk-_--------------Sahran Raden, Anggota KPU Provinsi Sulawesi Tengah mengajak kepada masyarakat di Kabupaten Banggai, menjadikan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banggai Tahun 2020 sebagai sarana dan wahana wisata politik. Ajakan, Sahran itu disampaikan saat menyampaikan sambutan pada Lounching Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakjl Bupati Kabupaten Banggai, pada sabtu, 21/12/2019 di pelataran Teluk Lalong Kota Luwuk.

    Sahran Raden, menyatakan wisata politik yang dimaksudkan yakni pilkada bukan dimaknai sebagai kompetisi para elit yang seolah olah penuh dengan ketakutan dan menyeramkan. bahwa kontestasi politik dalam pilkada selama ini dianggap sebagai suatu pertarungan antar pasangan calon untuk saling menjatuhkan sehingga telah berdampak terpecahnya kedalam kelompok dan identitas politik dimasyarakat.

    Dengen demikian mari kita jadikan momentum demokrasi lokal ini sebagai sarana kedaulatan rakyat untuk memilih calon Bupati dan wakil bupati dengan penuh kebahagiaan dan persaudaraan. Kita sedang melaksanakan suatu pesta, panitianya itu adalah KPU Kabupaten Banggai sedangkan yang berpesta adalah masyarakat dan partai politik. Kata Sahran.

    Meski ajakan untuk menjadikan pelaksanaan pilkada sebagai pesta demokrasi bersama dan dijadikan sebagai wahana wisata politik akan tetapi pelaksanaanya harus diselenggarakan dengan penuh tanggungjawab, demokratis dan berintegritas.

    Menurut Sahran. Bahwa pilkada yang berintegritas dilihat dari tiga aspek yakni. Pertama Penyelenggara pemilu yang berintegritas adalah mereka yang melaksanakan proses tahapan pilkada yang memiliki sikap independen, mandiri dan profesional. Ini adalah nilai dasar organisasi KPU sebagai penyenggara pilkada yang wajib diinternalisasikan dalam penyelenggaraan pilkada.

    Kedua, Peserta Pemilu. Lanjut Sahran peserta pilkada adalah para pasangan calon dan partai politik yang memiliki komitmen yang tinggi untuk menjalani tahapan pilkada sesuai dengan aturan hukum sebagaimana diatur dalan peraturan perundang undangan. Ketiga yakni pemilih yaitu pemilih yang berdaulat dan cerdas untuk menentukan pilihannya pada hari pemungutan suara nantinya. Jika tiga aspek ini bersinergi dengan baik maka harapan untuk mewujudkan pilkada Banggai yang demokratis, berintegritas dan berkualitas akan diwujudkan bersama oleh masyarakat Kabupaten Banggai.

    Sahran Raden, mengatakan esensi pilkada adalah membentuk pemerintahan didaerah dengan prinsip yang berlandaskan pada asas desentralisasi dan otonomi. Selanjutnya agenda dan tujuan pembangunan berkelanjutan secara tegas menempatkan manusia sebagai titik sentral pembangunan. Maka hasil dari pemilihan kepala daerah ini mestinya dapat melahirkan pembangunan didaerah yang mampu meningkatkan kebahagiaan warga negara di daeah dimana pilkada itu dilaksanakan. Tutup Sahran. Kegiatan Lounching pilkada Kabupaten Banggai ini dilaksanakan pada 21/2019 di pelataran Lokasi Teluk Lalong Kita Luwuk. Lounching dihadiri oleh Jajaran Pemerintah Daerah, Forum Kordinasi Pemerintah daerah, Pimpinan Partai Politik, Tokoh mayarakat, dan KPU Kab/kota se sulteng. .(Alwin)







Penyusun Anggaran

Yougi Riesky Kurniawan, SE

Pemutahiran Data Pemilih

Syarkawi M Sanggo, S.Kom

Pemutahiran Data Pemilih

Moh. Fahril, S.ST

Pemutahiran Data Pemilih

Andika Novrandi Sinaba, S.Si

Pendukung Tahapan Pemilu

Moh. Rifoldy Lapalanti, Sh

Pendukung Tahapan Pemilu

Raflis J Bode, S.Sos



GALERI VIDEO